Rabu, 04 Agustus 2010

PT Sampoerna, Profil, Sejarah, Tanggung Jawab Sosial, Visi dan Misinya


Profil PT. Hanjaya Mandala Sampoerna

PT. Hanjaya Mandala Sampoerna (IDX: HMSP)
adalah perusahaan rokok terbesar ketiga di Indonesia. Kantor pusatnya berada di Surabaya, Jawa Timur. Perusahaan ini sebelumnya merupakan perusahaan yang dimiliki keluarga Sampoerna, namun sejak Maret 2005 kepemilikan mayoritasnya berpindah tangan ke Philip Morris, perusahaan rokok terbesar di dunia dari Amerika Serikat, mengakhiri tradisi keluarga yang melebihi 90 tahun.



Beberapa merek rokok terkenal dari Sampoerna adalah Dji Sam Soe, A Mild. Dji Sam Soe adalah merek lama yang telah bertahan sejak masa awal perusahaan tersebut. Selain itu, perusahaan ini juga juga terkenal karena iklan-iklannya yang kreatif di media massa.

Sejarah PT Sampoerna

Sampoerna didirikan pada tahun 1913 di Surabaya oleh Liem Seeng Tee dan istrinya Siem Tjiang Nio, imigran Tionghoa dari Fujian, Tiongkok dengan nama Handel Maastchpaij Liem Seeng Tee yang kemudian berubah menjadi NV Handel Maastchapij Sampoerna.



Perusahaan ini meraih kesuksessan dengan merek Dji Sam Soe pada tahun 1930-an hingga kedatangan Jepang pada tahun 1942 yang memporak-porandakan bisnis tersebut. Setelah masa tersebut, putra Liem, Aga Sampoerna mengambil alih kepemimpinan dan membangkitkan kembali perusahaan tersebut dengan manajemen yang lebih modern. Nama perusahaan juga berubah seperti namanya yang sekarang ini. Selain itu, melihat kepopuleran rokok cengkeh di Indonesia, dia memutuskan untuk hanya memproduksi rokok kretek saja.

Generasi berikutnya, Putera Sampoerna adalah generasi yang membawa PT. Sampoerna melangkah lebih jauh dengan terobosan-terobosan yang dilakukannya, seperti perkenalan rokok bernikotin rendah, A Mild dan perluasan bisnis melalui kepemilikan di perusahaan supermarket Alfa, dan untuk suatu saat, dalam bidang perbankan.

Pada tahun 2000, putra Putera, Michael, masuk ke jajaran direksi dan menjabat sebagai CEO.
Pada Maret 2005, perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Philip Morris.

Visi dan Misi PT HM Sampoerna


Sebuah perusahaan yang bertanggung-jawab secara sosial dan pemimpin dalam industri yang memandang ke arah cakrawala peluang bisnis yang lebih luas ke masa depan. Dan menjadi perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia.

Tanggung jawab sosial PT HM Sampoerna
  • Membangun perpustakaan umum untuk warga sekitar perusahaan. 
  • Penyediaan air bersih 
  • Konser Anak "Karya Kita"
  • Kegiatan sosial bencana alam (Indonesia untuk kita)
  • dan masih banyak lagi lainnya..
Produk Perusahaan Sampoerna serta organisasi terkait

  • PT. HM Sampoerna - rokok
  1. Dji Sam Soe
  2. A Mild
  3. U Mild
  4. Sampoerna Hijau
  5. Avolution
  6. Kraton Dalem
  7. Panamas
  8. Komet
  9. Sampoerna Pas
  10. A Flava
  • PT Sampoerna Printpack - percetakan kemasan
  • Putera Sampoerna Foundation

1 komentar:

  1. Pengelolaan manajemen yang profesional & sehatlah yg menyebabkan Sampoerna bisa bersaing dengan perusahaan yang lain. Feel touch in hight humanism attention dari Sampoerna juga merupakan salah satu kiat sukses nya. Terus berjaya Sampoern dengan visi & misi yang bermanfaat untuk banyak orang.

    Hendri Suhermawan
    Ex. PT. Sampoerna Bioenergi, Pasuruan Jawa Timur

    BalasHapus